Search

Selasa, 22 Januari 2008

Fyodor si pembuat Nmap

Bagai seorang penjelajah yang selalu dilengkapi peta dan kompas, begitu pun seorang hacker juga melengkapi diri dengan piranti lunakyang mampu memetakan sebuah jaringan dan menemukan host yang menyala, layanan yang tersedia hingga system operasi yang berjalan disebuah jaringan adalah Nmap.
Pembuat piranti itu adalah Fyodor diambil dari nama seorang pengarang terkenal asal Rusia Fyodor Dostoyevski, sebenarnya nama asli dari Fyodor adalah Gordon Lyon tetapi ia lebih suka menggunakan nama Fyodor dan menggunakan nama belakang Vaskovich saat online atau offline.
Fyodor awalnya menyusun Nmap hanya untuk iseng dan kesenangan saja, meski ia berharap orang yang menggunakannya akan memperoleh mamfaat dari Nmap.Nmap pun menyita banyak perhatian dari Fyodor layaknya pekerjaan utama Fyodor.
Akhirnya Fyodor memutuskan untuk membuat lisensi dari Nmap yang memungkinkan aliran pendapatan dari Nmap, lisensi diberikan kepada perusahaan besar yang ingin menerapkan Nmap dalam piranti lunak tertutup mereka, lisensi Nmap memungkinkan pengguna biasa untuk memanfaatkan Nmap sesuka hati mereka, Fyodor pun
pun mendirikan perusahaan insecure sebagai basis pekerjaanya.
Fyodor juga merupakan pendiri Honeynet Project, proyek untuk menempatkan computer yang terhubung ke internet sebagai sebuah umpan, pengelolanya kemudian mempelajari bagaimana Honeynet itu diserang, nama Honeynet terinspirasi dari upaya menarik serangga dengan menempatkan satu guci madu diladang, ini akan mengalihkan perhatian serangga dari panenan sesungguhnya.
Kegiatan lain Fyodor sebagai anggota dewan direksi Computer Professionals for Social Responsibility.
Sejak 1981 CPSR mengkampanyekan pengguna teknologi computer secara bertanggungjawab, CPSR juga melahirkan lembaga lain yaitu Electronic Privacy Information Center dan Computers Freedom & Privacy Comference.
Fyodor mengaku dirinya adalah anggota sekaligus relawan dari Free Software Fondation dan kampanye anti teknologi DRM (digital right management) DRM digunakan perusahaan besar untuk mencegah pembajakan, yang bagi banyak kalangan upaya DRM adalah membuang-buang waktu dan menimbulkan kesulitan pada pengguna akhir.
Apa yang didapatkan Fyodor dari Nmap?
“Yah, itu tidak membawa kekayaan untukku, juga bukan ketenaran, aku juga baru tahu kalau hal itu tidak membuat wanita tertarik padaku, jadi saya rasa efek utamanya adalah saya sekarang harus menghabiskan banyak waktu untuk menjawab email” uja Fyodor pada sebuah wawancara pada Whitedust sebuah penerbitan online. “tapi itu hanya bercanda kok” ia melanjutkan, “pengalaman ini sangat menyenangkan”
Aku bertemu ratusan orang yang mengagumkan lewat proyek ini dan aku tahu menulis dan mengelola sebuah program besar seperti ini telah menjadikan aku programmer yang lebih baikselain itu aku juga merasa ikut memberikan balik kepada komunitas yang telah banyak membantu selama ini” ia menambahkan.

Tidak ada komentar: